Aplikasi Valplast Pada Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Pemasangan Gigi Palsu Valplast

Aplikasi Valplast Pada Gigi Tiruan Sebagian Lepasan

Halo, selamat siang, pada kali ini akan membawakan mengenai pemasangan gigi palsu valplast Aplikasi Valplast Pada Gigi Tiruan Sebagian Lepasan simak selengkapnya 

APLIKASI VALPLAST PADA GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPASAN*

Pendahuluan

Kehilangan gigi melahirkan masalah yang sering ditemukan. Hilangnya satu atau kaum gigi bisa mengakibatkan terganggunya harmoni susunan gigi geligi. Bila hal tersebut tidak segera diatasi, alkisah akan terjadi gangguan ala fungsi bicara, perusakan maupun estetik, yang mana hal tersebut bisa berdampak ala kesehatan tubuh secara umum. Untuk mengatasi hal tersebut ada kaum pilihan perawatan antara lain bisa dibuatkan gigi bajakan jembatan, implant atau gigi bajakan sebelah lepasan.

Pada kaum kasus yang tidak memungkinan dibuatkan gigi bajakan perantara dengan implant, alkisah gigi bajakan sebelah alumnus melahirkan pilihan yang terbaik.Terdapat 3 macam gigi bajakan sebelah alumnus yang dibedakan menurut bahan basis gigi tiruannya yaitu gigi bajakan kondisi logam, gigi bajakan dengan basis akrilik dengan gigi bajakan dengan basis berbahan alas sutra tiruan termoplastik atau sering disebut dengan flexi (valplast).

Nilon termoplastik ialah gigi bajakan luwes yang pertama di dunia. Bahan ini tidak mempunyai mencekam logam dengan bersifat ringan. Bahannya bersifat tembus pandang sehingga gusi anak obat datang jelas, menciptakan penampilan alami dengan memasrahkan estetika yang memuaskan. Nilon termoplastik ialah basisi gigi bajakan yang bebas monomer, bersifat hipoalergenik sehingga bisa menjadi pilihan yang berfaedah bagi anak obat yang peka atas resin akrilik konvensional, nikel atau kobalt. Nilon termoplastik yang disebut juga nylon injection molded, ialah basis gigi bajakan yang arketipe untuk gigi bajakan sebagain dengan pembaharuan unilateral. Termoplastik melahirkan bahan yang akan menjadi plastik di bawah tekanan dengan panas, tetapi sangat bangkit ala suhu ruangan.

Penggunaan sutra tiruan sebagai bahan basis gigi bajakan telah dibahas ala literatur ala tahun 1950. Walaupun sutra tiruan tidak direkomendasikan untuk penggunaan am ala saat itu. Beberapa kerugian yang dilaporkan mengenai bentuk awal sutra tiruan terbabit kerentanan warna basis bahan untuk berubah, mengalami stain, absorbsi cecair yang tinggi dengan penciptaan permukaan yang kasar setelah masa waktu yang pendek. Nilon ialah nama generik untuk kaum tipe polimer termoplastik yang masuk ke dalam kelas yang dikenal sebagai poliamid. Bahan ini melahirkan famili dari polimer kondensasi yang berasal dari reaksi diacid dengan diamine. Nilon menciptakan variasi poliamid dengan fiil fisik dengan mekanik yang bergantung ala kelompok belembang antara kelompok acid dengan kelompok amine. Penggunaan sutra tiruan dental pertama kali tidak sukses karena penyerapana cecair yang berlebihan, sehingga menyebabkan pemuaian yang berlebihan. Penyerapan cecair yang lebih hina ala sutra tiruan glass reinforced telah menciptakan produksi yang lebih bisa diharapkan. Nilon ini terutama diisi dengan cotton glass beads atau chopped glass fibers.

Cara penggunaan atau insersi valplast ialah dengan menyediakan cecair berbahaya dalam gelas, sebelum insersi valplast direndam kaum menit. Hal ini akan memajukan flexibilitas dengan adaptasi anak obat atas valplast. Menambah kenyamanan anak obat dengan encer di pasang.

Indikasi dengan Kontra Indikasi Valplast

• Indikasi

Valpalst bisa digunakan dalam berbagai kondisi seperti pemanfaatan GTSL umumnya. Contohnya ala anak obat yang tidak bisa dibuatkan bridge tetapi memprioritaskan penampilan atau estetik, keuangan anak obat yang terbatas. Pasien tidak menginginkan prosedur yang invasif, anak obat tidak menyukai kunjuangan rutin untuk pemeliharaan gigi tiruan. Untuk splint temporo mandibular joint (TMJ) andaikata digunakan dalam bentuk tidak diberi pigmen. Dapat juga digunakan ala venner koemetik untuk menutupi resesi gingiva. Indikasi lainnya ialah bila anak obat alergi atas akrilik. Material yang arketipe untuk gigi bajakan alumnus ala kasus anak obat rentan atas patahnya gigi tiruan.

• Kontra Indikasi

Kontra bakat pemanfaatan valplast ialah jarak interoklusal ala bagian kemudian kurang dari 4 mm karena dengan GTSL valplast perlu dipastikan adanya occlusal clearance yang layak antara RA dengan RB untuk penempatan gigi. Tidak seperti GTSL akrilik konvensional yang belembang antara elemen gigi bajakan dengan basis ialah belembang kimia, belembang GTSL valplast ialah secara mekanik. Jika tidak ada ruang yang layak untuk memangkalkan bolongan retensi ala gigi, elemen gigi bajakan bisa berubah tempat.Ruang yang dibutuhkan kira-kira 5 mm atau lebih dari kemudian interocclusal clearance, yaitu antara gigi dengan bridge lawan, untuk memaksimalkan retensi elemn gigi.

Kontra bakat lainnya ialah bila ada torus mandibula atau maksila bersama bentuk ridge yang knife edge ala bilateral free-end, flat ridge, deep overbite (4 mm atau lebih) dimana gigi anterior bisa menghalangi dalam pergerakan-pergerakan yang tidak teratur, juga tidak dianjurkan ala penggunaan immediate.

Jenis Pilihan Valplast

Valplast bisa digunakan bilamana mempertimbangkan gigi bajakan sebagaian lepasan. Menurut Keller terdapat 3 pilihan alas andaikata memilih valpalst yaitu : (1) gigi bajakan sebelah valplast bilateral, (2) gigi bajakan sebelah valplast unilateral/ boomer bridge, (3)kombinasi valplast dengan kondisi logam vitalium 2000.

• Gigi bajakan sebagain valplast bilateral

Tanpa logam, gigi bajakan sebagain luwes valplast memasrahkan berjibun kegunaan dengan estetik ala gigi bajakan sebagaian alumnus rahang atas. Pasien yang pernah menggunakan gigi bajakan sebagain konvensional logam dengan sekarang menggunakan valplast memberitakan bahwa valplast terasa alami di dalam cerat karena ketipisannnya dengan fiil bahan yang ringan. anak obat juga sadar beriman badan andaikata amkan, tersenyum dengan berada di depan publik karena retensi yang sangat baik disain mencekam yang tipis.

• Gigi bajakan sebelah valplast unilateral/ boomer bridge

Restorasi valplast unilateral dengan disain mencekam yang tipis memasrahkan retensi maksimal, stabilitas dengan estetik. Valplast nesbit melahirkan valplast yang arketipe untuk penggantian 1 gigi kemudian dengan valplast flipper melahirkan valplast yang arketipe untuk penggantian 1 gigi anterior.

• Kombinasi valplast dengan kondisi logam vitalium 2000

Gigi bajakan valplast juga bisa digunakan dengan vitalium 2000 cast besi framework agar estetik datang alami dengan memajukan menambah stabilitas, karena rest oklusal dengan rest lingual terbuat dari logam. Untuk daya maksimum, valplast bisa dibuat dengan cast besi frame seperti Vitalium 2000 dengan daya tensil lebih dari 855 Mpa untuk memajukan menambah ketahanan atas fraktur. Vitalium 2000 melahirkan kekerasan vikers yang meminimalkan erosi ala gigi antagonisnya dengan menciptakan daya lebih dari 600 Mpa membantu dalam memasung deformasi permanen.

Valplast yang dikombinasikan dengan besi dengan berbahan plastik ala cengkeramnya bisa memajukan menambah daya dengan dukungan yang lebih. Cengkeram yang terbuat dari dari bahan sutra tiruan termoplastik ini tampak alami sehingga mendukung faktor estetik. Kombinasi valplast dengan vitalium, memaksimalkan fiil fisik dari gigi bajakan sebagaian dengan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk daeraha edentulous yang luas, khususnya ala rahang bawah.

* Disarikan dari “Aplikasi dengan Disain Valplast Pada Gigi Tiruan Sebagian Lepasan” oleh Ignatia Wurangian, JITEKGI 2010, 7(2): 63-68

Copyright ©2011, Ali Taqwim (dentistalit@yahoo.co.id)

Anda ingin pasang gigi palsu di jogja? Klinik Az Zahra adalah solusinya untuk pasang gigi palsu murah dan terpercaya. Kami siap melayani pemasangan gigi palsu permanen maupun lepasan yang nyaman untuk orang dewasa, anak-anak, serta orang tua. Hubungi 0821 3449 5179.

Sekian penjelasan perihal Aplikasi Valplast Pada Gigi Tiruan Sebagian Lepasan semoga tulisan ini berfaedah salam