7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan Agar Tidak Bau, Bagaimana? Gigi Palsu Akrilik Longgar

7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana?

Hello, selamat pagi, pada kali ini akan membahas tentang gigi palsu akrilik longgar 7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana? simak selengkapnya 

7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana?

Klikdokter.com, Jakarta Lalai dalam membela kesehatan gigi bisa menyebabkan gigi bedah dan ompong, biarpun Anda masih di usia muda. Solusi yang paling umum dengan harga terjangkau ialah dengan menggunakan gigi palsu lepasan yang terbuat dari bahan akrilik.

Jenis gigi bikinan ini bisa dilepas dan pasang sendiri oleh pasien, tak ajek bonceng di dalam mulut. Namun hati-hati, bila tak dirawat, gigi bikinan tersebut justru bisa menyebabkan bau cerat dan kemudian berubah warna.

Yuk, rawat gigi bikinan lepasan dengan aturan ini!

Agar tak berubah warna, acap bersih dan bebas dari kuman, maka gigi palsu lepasan perlu dirawat dengan baik. Berikut ini ialah tipsnya:

  1. Selalu berhati-hati saat melepas, memasang dan mencuci gigi palsu. Jangan cukup siap belahan yang bengkok ataupun patah. Peganglah gigi bikinan dengan mantap.
  1. Sebisa mungkin lepas dan bersihkan gigi bikinan lepasan setelah makan. Bilas di cairan mengalir agar sisa makanan tak bonceng ala gigi palsu. Alasi dengan tuala di bawahnya, agar tak bedah andaikata gigi bikinan terjatuh.
  1. Sikat dan bersihkan gigi bikinan setiap hari. Hal ini terutama dilakukan ala belahan yang berlekuk-lekuk. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut untuk membersihkan dari sisa makanan, plak gigi dan kotoran lainnya.
  1. Bersihkan rongga cerat setelah melepaskan gigi palsu. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk membersihkan belahan lidah, pipi belahan dalam dan langit-langit. Jangan lupa untuk membersihkan belahan isit yang terkena lem gigi bikinan cukup bersih.
  1. Rendam gigi palsu. Lakukan setidaknya semalaman dengan cairan bersuhu ruangan dan gunakan air khusus gigi palsu. Karena siap beberapa jenis gigi bikinan yang perlu direndam agar tetap lembap biar bentuknya tak berubah.
  1. Bersihkan dini digunakan kembali.Sebelum menggunakan gigi palsu, bersihkan lagi dengan cairan mengalir, terutama sehabis direndam dengan air khusus. Karena air tersebut mengandung zat kimia yang bisa menyebabkan muntah bila tertelan.
  1. Kontrol rutin ke dokter gigi. Usahakan 1 tarikh sekali gigi bikinan diperiksa, karena isit hendak mengalami penyusutan. Biasanya dalam 5-10 tarikh gigi bikinan hendak longgar, sehingga perlu diperbaiki.

Jika belum cukup 1 tarikh tapi gigi bikinan telah longgar maka sebaiknya langsung periksa ke dokter gigi. Karena hal tersebut bisa membuat luka sariawan, penurunan gusi, terkikisnya gigi dan juga infeksi gigi.

7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana?

Hal yang penting diperhatikan dalam merawat gigi bikinan lepasan ialah layak dilepas setiap malam, disikat dan direndam ala wadah yang aman. Menurut Journal of Dental Science, aturan tersebut bisa mengurangi adanya fungi yang bonceng ala gigi palsu.

Selain itu, melepaskan gigi bikinan lepasan dini bobok bisa membebaskan isit dari tekanan gigi palsu, sejhingga isit sehat dan terhindar dari risiko sariawan.

Tak hanya bisa membela biar gigi bikinan lepasan tetap awet dan tak berubah warna, berbagai tips di atas juga bisa mencegah bau mulut. Ayo lakukan secara rutin untuk membela kesehatan gigi dan cerat Anda.

[NP/ RVS]

7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana?

Anda ingin pasang gigi palsu di jogja? Klinik Az Zahra adalah solusinya untuk pasang gigi palsu murah dan terpercaya. Kami siap melayani pemasangan gigi palsu permanen maupun lepasan yang nyaman untuk orang dewasa, anak-anak, serta orang tua. Hubungi 0821 3449 5179.

Sekian penjelasan mengenai 7 Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan agar Tidak Bau, Bagaimana? semoga info ini berfaedah terima kasih